Yulia Cahya Blog

NICE TO BE IMPORTANT, BUT MORE IMPORTANT TO BE NICE

Komunikasi Dan Kecakapan Menjual

Dalam pertemuan kedua di kelas Mandiri Sahabatku, Minggu (26 Mei 2013), pak Agung Waluyo sebagai dosen menyampaikan materi berkenaan dengan Komunikasi dan kecakapan menjual.

Berikut ini adalah ringkasan dari pelajaran Mandiri Sahabatku Kelas Dasar minggu kedua.


Peter Drucker pada dasarnya entrepreneurship adalah kegiatan untuk menciptakan pelanggan.

Apa beda antara Pelanggan & Pembeli?

Seorang entrepreneur memiliki ciri “pemburu peluang” yang ujung-ujung nya menciptakan pelanggan.

Karena itu:
         Apakah seorang Entrepreneur akan menunggu disapa?
         Atau ia akan mendatangi untuk menyapa?
         Apakah seorang Entrepreneur akan duduk dengan teman-teman yang dikenalnya?
         Atau ia akan duduk dengan orang lain untuk mencari teman baru?

Sehingga komunikasi menjadi kunci keberhasilan dari seorang entrepreneur dalam menciptakan pelanggan.

Komunikasi bisa dalam bentuk SATU ARAH seperti Pidato atau DUA ARAH dalam sebuah percakapan.

Urutan YANG PALING DIPERHATIKAN dalam berkomunikasi

1.      Bahasa Tubuh                       55 %
2.      Intonasi                                  38 %
3.      Pesan kata-katan                     7 %

Dalam Komunikasi Dua ARAH yang efektif

Tugas Pendengar yang aktif
  1. Kembali menyebutkan fakta yang disampaikan oleh pembicara
  2. Memberikan apresiasi kepada pembicara
  3. Memberi dorongan kepada pembicara

Tugas Pembicara yang efektif
  1. Memusatkan pembicaraan kepada pesan yang ingin disampaikan
  2. Meyakinkan pendengar untuk pesan yang dia sampaikan
  3. Mengindari semua topik yang akan menciptakan ketidakjelasan
 
Seharusnya hubungan antara pembicara dan pendengar makin ke kanan makin akrab.


Feature (Tampilan) – Advantage (Keunggulan) – Benefit (Keuntungan) (FAB)

1.      Tampilan adalah hal yang menjadi bagian dari suatu produk, jasa atau program yang tampak
2.      Keunggulan adalah hal yang menjadi keunggulan dari suatu produk, jasa atau program sebagai akibat dari TAMPILAN
3.      Keuntungan adalah manfaat  yang diperoleh customer berkaitan dengan nilai uang, waktu, efisiensi, dll. Nilai-nilai ini bersifat individual

Dalam menjual menggunakan percakapan dengan urutan sebagai berikut:

P I K A T

P = Perhatian
I = Interes
Ka = Keputusan
T = Tindakan



GOOD LUCK



Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Materi Kuliah dengan judul Komunikasi Dan Kecakapan Menjual. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://yuliacahya2012.blogspot.com/2013/07/ringkasan-pelajaran-mandiri-sahabatku_26.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown -

Belum ada komentar untuk "Komunikasi Dan Kecakapan Menjual"

Post a Comment