Yulia Cahya Blog

NICE TO BE IMPORTANT, BUT MORE IMPORTANT TO BE NICE

Identifikasi Peluang ( Apportunity Identification )


Pengertian
  • Mulanya adalah Potensi setelah diolah dan dibina bisa berubah jadi Prestasi.
  • Mulanya bernama Peluang setelah diolah dan dibina bisa jadi PT ( Perseroan Terbatas).
Peluang adalah sebuah langkah pertama untuk membangun usaha namun harus diikuti olah langkah-langkah selanjutnya. Sebagai langkah pertama penting sekali untuk memastikan adanya peluang bila gagal. Memastikan peluang sama seperti orang yang sudah melakukan perjalanan jauh tapi tidak bertemu dengan apa yang diinginkan. Sudah susah payah dan banyak pengorbanan namun tiba ditempat yang salah.

Kemampuan Identifikasi Peluang Bisnis
  • Jeli melihat masalah calon pelanggan yang diikuti dengan kemampuan menciptakan solusi inovatif yang tak dapat ditolak oleh pelanggan yang memiliki potensi untuk dijadikan transaksi yang berkelanjutan.
Beberapa Cara Mengumpulkan Gagasan Bisnis
  1. Dari jejaring keluarga serta teman dan keahlian yang dimiliki
  2. Dari permintaan yang tak terpenuhi atau tak terpenuhi dengan baik atau pasokan yang di bawah standar.
  3. Dari eksplorasi masalah-masalah yang diubah menjadi peluang.
  4. Dari hassrat terbesar (passion) seseorang yang kemudia dikembangkan jadi solusi kreatif untuk memecahkan masalah pelanggan.
"Gagasan Yang Bagus Datangnya Dari  Gagasan Yang Banyak"
 
Dari jejaring keluarga serta teman dan keahlian yang dimiliki
A. Temukan gagasan bisnis yang lahir dari 
  1. Jejaring keluarga
  2. Jejaring teman
  3. Hobby anda
  4. Keahlian anda
  5. Kombinasi semua di atas
B. Saring gagasan-gagasan anda hanya jadi lima gagasan dan pilih yang paling mungkin disambut pasar dan bisa dilaksanakan.

C. Dari lima gagasan tersebut peras lagi jadi dua gagasan dan pilih yang paling murah biaya memulainya atau resiko paling rendah.

Dari Eksplorasi masalah-masalah yang diubah menjadi peluang
 MKP 
  • M : Masalah
  • K : Kebutuhan
  • P : Peluang
Setiap masalah akan menciptakan beragam kebutuhan  dan tiap kebutuhan akan menciptakan beragam peluang.
Contoh ; Masalah Langkanya pekerjaan di Indonesia telah melahirkan berbagai kebutuhan masyarakat. Salah satunya menyalurkan tenaga kerja Indonesia untuk dapat bekerja di luar negeri. Dan salah satu peluang bisnis dalam proses-proses penyaluran TKI ini adalah munculnya Bisnis PJTKI.
              Peluang yang lain adalah pelatihan dan bimbingan untuk mereka yang akan berangkat. Entah itu pelatihan bahasa atau pelatihan pengenalan budaya.

Dari permintaan yang tak terpenuhi sama sekali atau tak terpenuhi dengan baik atau pasokan yang di bawah standar

Sebagai pelatihan, temukanlah barang atau jasa
  • Sangat sulit dicari di kampung anda tapi masyarakat terus mencarinya
  • Harganya mahal tapi tetap saja dicari dan dibeli
  • Penuh pengorbanan untuk mendapatkannya namun masyarakat tetap mencarinya.
  • Penjual yang ada sering kehabisan sehingga banyak pelanggan yang kecewa.

INGAT! INGAT! INGAT!
  • Pelanggan adalah kunci utama PELUANG
  • Apapun keahlian anda, sehebat apapun anda bisa membuat sesuatu tapi kalau tidak ada pelanggannya pasti anda tidak akan berhasil.
  • Seorang entrepreneur paham kebutuhan dan keinginan calon pelanggan dan kemudian mengembangkan produk dan jasa yang inovatif yang tak dapat ditolak oleh pelanggan.


~ GOOD LUCK ~

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Materi Kuliah dengan judul Identifikasi Peluang ( Apportunity Identification ). Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://yuliacahya2012.blogspot.com/2013/08/identifikasi-peluang-apportunity.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown -

Belum ada komentar untuk "Identifikasi Peluang ( Apportunity Identification )"

Post a Comment